Ketahui Cara Mengaktifkan GPS di iPhone Paling Mudah

Bagi pengguna iPhone pertama kali pasti akan mengalami banyak sekali kebingungan saat akan mengoperasikan perangkat tersebut. Pasalnya, banyak sekali perbedaan cara penggunaanya dari ponsel Android termasuk mengaktifkan GPS. Lalu, bagaimana cara mengaktifkan GPS di iPhone mengingat fitur ini sangat berguna.

Jika biasanya perangkat Android menggunakan Maps, maka iPhone akan memberikan aplikasi peta bawaan yaitu GPS. Sebenarnya penggunaan keduanya hampir sama, tetapi tentu saja terdapat kelebihan dan kekurangan di antara keduanya. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasan lengkap pada ulasan berikut ini:

Langkah Pengaktifan GPS di iPhone Melalui Pengaturan

Sebetulnya mengakses pengaturan untuk mengaktifkan atau mematikan GPS tidaklah sulit. Akan tetapi, karena berbeda tetap saja banyak orang bingung melakukannya khususnya yang gaptek. Jika pengguna sedang mencari tahu caranya, begini langkah mudah mengubahnya.

  • Masuk ke aplikasi pengaturan ponsel, lalu pilih ‘Privasi’.
  • Gulir ke bawah untuk menemukan menu ‘Layanan Lokasi’, kemudian tekan.
  • Silahkan tekan sampai toggle berwarna biru yang menandakan GPS sudah aktif. Geser kembali untuk mematikannya.

Sebagai informasi tambahan, ada beberapa aplikasi yang memerlukan GPS saat berjalan. Oleh karena itu, untuk menghemat baterai, maka pilih beberapa aplikasi penting saja yang tetap bisa mengakses lokasi.

Cara Mengatasi GPS di iPhone Tidak Berfungsi

Jika sudah mengetahui cara mengaktifkan GPS di iPhone, tetapi ternyata GPS tetap tidak berfungsi, maka pengguna harus melakukan beberapa tindakan. Pasalnya, memang ada kalanya GPS di iPhone tidak berfungsi karena berbagai alasan.

Baca Juga :   Harga Oppo a5 2020 Dan Spesifikasi | Review Oppo A5

Apalagi karena sudah lama digunakan dan memorinya penuh. Tidak hanya itu, ada banyak faktor lain yang menjadi penyebabnya. Namun, untuk mengatasinya pengguna bisa melakukan beberapa langkah berikut ini:

1. Restart Perangkat

Langkah pertama yang bisa dilakukan ialah melakukan restart pada iPhone agar bisa berfungsi kembali. Dengan memulai ulang perangkat, maka sistem akan secara otomatis diperbaiki. Biasanya setelah itu, GPS sudah normal kembali.

2. Cari Area Terbuka

Terkadang di sebuah gedung atau ruangan tertutup GPS tidak bisa membaca lokasi karena sinyalnya lemah. Saat membutuhkan share lokasi, sebaiknya carilah area lain yang sekiranya bisa menjangkau lokasi.

Selain karena tangkapan sinyal lokasi, sinyal internet juga bisa menjadi kendala GPS tidak bisa membaca. Oleh karena itu, pastikan jaringan internet tersedia dengan kekuatan tinggi.

3. Gunakan WIFI

Ketika jaringan data provider tidak bisa memberikan sinyal kuat untuk menjalankan aplikasi GPS, sebaiknya gunakan saja WIFI. Pasalnya, kecepatan WIFI tentu berbeda jauh dengan kuota biasa di ponsel.

4. Perbarui Sistem IOS

Sistem operasi yang sudah lama dan tidak diperbarui akan mempengaruhi kinerja dari sebuah aplikasi terutama perangkat. Setiap developer umumnya sering melakukan pembaruan pada platform yang dibuatnya untuk memperbaiki beberapa sistem dan fitur.

Apalagi jika tersedia fitur baru. Untuk bisa menggunakannya pengguna wajib melakukan upgrade agar perangkat mengubah versi ke yang baru. Jika tidak, biasanya akan sedikit lemot dan error.

5. Periksa Pengaturan Tanggal dan Waktu

Meski terdengar sepele, ternyata tanggal dan waktu yang tidak sesuai juga bisa mempengaruhi kinerja perangkat iPhone. Apabila malas selalu mengubah pengaturan, pengguna bisa memilih pengaturan otomatis.

Caranya dengan membuka pengaturan, umum, dan pilih tanggal & waktu. Kemudian atur untuk sinkronisasi secara otomatis. Jadi, setiap kali memulai ulang perangkat, waktu dan tanggal juga akan menyesuaikan sendiri.

Baca Juga :   Rekomendasi Service AC Mobil Surabaya Untuk Mobil Anda

Demikian informasi tentang cara mengaktifkan GPS di iPhone paling mudah. Serta pengguna juga penting untuk mengetahui beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi ketika GPS tidak dapat berfungsi.

 

Rate this post
Yudha Prayoga

Content Writer, Content Creator, graphic designer

Artikel Terkait

Leave a Comment