Gadget, Review

Penyebab Hp Restart Sendiri dan Cara Perbaikinya

Penyebab Hp Restart Sendiri – Beberapa dari kita sering mengalami hp android melakukan restart sendiri. Restart maksudnya adalah hp kita otomatis mati...

Written by Yudha Prayoga · 3 min read >
Penyebab Hp Restart Sendiri dan Cara Perbaikinya

Penyebab Hp Restart Sendiri – Beberapa dari kita sering mengalami hp android melakukan restart sendiri. Restart maksudnya adalah hp kita otomatis mati dan hidup kembali dengan sendirinya.

Jika kamu sering mengalami hp kamu sering restart sendiri. Terutama hp android, seperti samsung, xiaomi, vivo, ataupun oppo. Mungkin memiliki penyebab yang sama.

Memang hal ini sering kali terjadi pada hp dengan sistem operasi android. Oleh karena itu, mungkin kita bisa mengambil kesimpulan bahwa meskipun berbeda merek, bisa saja penyebab dari hp restart sendiri itu sama.

Terkadang ini terjadi berulang kali dalam sehari. Dan juga, kadang kita berfikir bahwa hp kita sudah rusak. Padahal itu belum tentu terjadi.

Tunggu dulu, sebelum kamu menyatakan hp kamu rusak. Kamu harus tau dulu Penyebab Hp Restart Sendiri. Dengan demikian kamu akan tau bagaimana cara memperbaikinya.

Penyebab Hp Restart Sendiri

Penyebab Hp Restart Sendiri dan Cara Perbaikinya
Penyebab Hp Restart Sendiri dan Cara Perbaikinya

Sebenarnya ada bermacam-macam penyebab hp kamu sering restart sendiri. Namu ada beberapa hal umum yang sering menjadi penyebabnya.

Namun, beberapa dari kita tidak menyadari bahwa hal yang selalu kita lakukan pada hp kita tiap harinya merupakan salah satu penyebabnya.

Berikut beberapa penyebab umum yang dapat menyebabkan hp kamu menjadi restart sendiri.

Penyimpanan Internal Penuh.

Umumnya hp android hanya menyediakan kapasitas penyimpanan internal yang terbatas. Dan juga ada yang menyediakan kapasitas yang sangat kecil sekali.

Oleh karena itu, ketika kita mulai menginstall beberapa aplikasi, dan menyimpan foto, video. Hal ini akan membuat penyimpanan internal kamu semakin sedikit.

Saat semakin kecil penyimpanan internal, hp kamu akan mulai kesulitan saat akan berkerja. Selain menggunakan ram, hp juga menggunakan penyimpanan internal kamu saat sedang beroprasi.

Baca Juga : Hp Android Kamera 100 MP Terbaru | Kamera Hp Terbaik

Sistem Android tidak Up to Date.

Biasanya android akan mengadakan update pada sistemnya beberapa bulan sekali. Bisa itu update besar, ataupun hanya sekedar update kecil.

Tetapi, ketahuilah. Kecil atau besar update yang kamu dapatkan pada sistem android kamu. Itu sangat penting untuk kamu lakukan.

Kamu harus selalu cek apakah ada update terbaru yang diberikan android. Untuk sistem pada hp kamu atau tidak. Kamu bisa cek minimal sebulan sekali.

Baca Juga :   Hp Vivo Keluaran 2020 dengan Chipset Snapdragon 865

Aplikasi Android Error.

Kamu pasti pernah beberapa kali menemukan salah satu aplikasi yang ada pada hp kamu error. misalnya tidak bisa terbuka, suka tertutup sendiri, ataupun sering terjadi crash.

Hal itu, juga dapat berpengaruh pada sistem adroid kamu. Apa lagi jika terjadi error berkali-kali pada aplikasi android kamu.

Saat terjadi error pada aplikas android. Hal itu akan membuat sistem selalu menyimpan jejak dan juga dapat berpengaruh pada sistem android menjadi kacau.

Cara Memperbaiki Hp Restart Sendiri.

Ada beberapa cara untuk memperbaiki hp restart sendiri. Tergantung dari permasalahan hp android yang kamu miliki.

Akan tetapi ada beberapa cara yang secara umum dilakukan oleh orang lain dengan permasalahan yang sama. Dan beberapa dari orang berhasil memperbaiki masalah hp restart sendiri.

Adapaun Cara memperbaiki hp restart sendiri adalah sebagai berikut:

Baca Juga : Cara Menggunakan Tinder Aplikasi Bertemu Jodoh Gratis

Bersihkan Penyimpanan Internal.

Menjaga penyimpanan internal kamu tetap bersih dari sampah sangat penting untuk dilakukan. Agar penyimpanan internal hp kamu tetap memiliki ruang untuk sistem bekerja.

Ada beberapa cara untuk membersihkan penyimpanan internal. Kamu bisa menggunakan cara manual atau bisa juga dengan cara otomatis.

Untuk cara manual, kamu bisa membersihkan cahche setiap aplikasi yang kamu install pada android kamu. Caranyapun tidak sulit.

Kamu bisa bisa masuk melalui setting >> Aplikasi. Selanjutnya kamu bisa memilih aplikasi yang ingin kamu bersihkan cahche nya, dengan memilih aplikasi tersebut dan tekan tombol clear chache.

Untuk secara otomatis, kamu bisa menginstall aplikasi pihak ketiga seperti ccleaner, doctorclean, ataupun yang lainya.

Aplikasi tersebut dapat membersihkan penyimpanan internal kamu dari sampah sesuai jadwal. Ataupu saat penyimpanan internal kamu akan penuh.

Update Sistem Android.

Sama seperti yang kita bahas sebelumnya, Sistem android selalu memberikan update tiap bulannya. Terkadang hanya update kecil, tetapi terkadang ada udpdate besar.

Apapun itu, update sistem android kamu menjadi selalu yang terbaru sangatlah penting. Kamu wajib memiliki sistem android yang paling terbaru untuk hp kamu.

Kamu harus selalu melihat apakah hp android kamu mendapatkan update sistem atau tidak. Setidaknya dalam tiga bulan sekali.

Update Aplikasi Pada Playstore.

Meskipun kadang masih bisa digunakan dan masih lancar. Beberapa aplikasi sudah mendapat update terbaru. Hanya saja mungkin kamu tidak membuat settingan auto update untuk aplikasi.

Terkadang, aplikasi yang tidak up to date pun bisa menghambat kerja sistem android. Karena aplikasi yang kamu gunakan tidak lagi cocok dengan versi android kamu.

Baca Juga :   Harga Hp Oppo Reno 4 dan Spesifikasi

Untuk itu, menggunakan aplikasi yang terbaru pada hp android kamu sangat penting. Selain kamu menjadi keren karena menggunakan aplikasi versi terbaru. Kamu juga membantu kerja sistem android kamu menjadi lebih baik.

Uninstall Aplikasi yang Tidak Terpakai.

Jika kamu banyak menginstall aplikasi, hal itu akan membuat penyimpanan internal kamu akan semakin sesak. Dengan demikian kerja sistem android akan terganggu.

Tentu saja hal itu dapat membuat hp restart sendiri. Karena sistem android secara otomatis mematikan diri karena kekurangan ruangan untuk bekerja.

Gunakan Memori Eksternal

Salah satu cara untuk menanggulangi atau utuk menghindari memori internal kamu penuh adalah menggunakan memori ekternal.

Kamu bisa menggunakan memori eksternal untuk menyimpan file-file, foto, video ataupun lagu favorit kamu. Jangan membebankan memori internal dengan file seperti itu.

Selain itu, beberapa aplikasi juga bisa di install pada memori internal. Ataupun data aplikasi tersebut di pindahkan dari sistem internal android ke memori eksternal.

Caranya pun cukup mudah, Kamu cukup masuk ke setting >> aplikasi. Selanjutnya kamu pilih aplikasi yang akan di pindahkan datanya.

Setelah itu, kamu bisa masuk ke menu penyimpanan, dan disana kamu dapat mengubah lokasi penyimpanan data aplikasi tersebut. Dari memori internal ke memori eksternal.

Dengan demikian, ruang penyimpanan intenal hp android kamu akan semakin legah. Dan tentunya sistem android akan memiliki ruang yang cukup untuk bekerja.

Akibat Hp Sering Restart Sendiri.

Setelah sering mengalami hp restart sendiri. Selanjutnya, tentu timbul pertanyaan. Apa akibat yang terjadi jika hp terus-terusan restart?

Hal itu wajar menjadi pertanyaan. Karena hp merupakan salah satu barang primer untuk kita sekarang. Apapun yang kita lakukan, kita selalu membutuhkannya.

Salah satu akibat hp sering restart yang bisa kita rasakan adalah Baterai hp menjadi jauh lebih boros. Mengapa bisa demikian ?

Hal itu dikarenakan, sistem membutuhkan lebih banyak energi untuk mematikan dan menghidupkan kembali android kamu ketimbang dengan standby.

Kesimpulan

Sebenarnya ada banyak Penyebab Hp Restart Sendiri. Akan tetapi masalah umum yang sering kita temui adalah hal yang sudah dijelaskan diatas.

Akan tetapi yang paling utama agar hp kamu dapt bekerja dengan baik. Kamu harus tetap meluangkan ruang pada penyimpanan internal yang cukup besar.

Sistem android akan sangat membutuhkan ruang bekerja yang besar saat kamu melakukan aktifitas pada hp android kamu.

Written by Yudha Prayoga
Content Writer, Content Creator, graphic designer Profile
Cara Mengganti Username Akun Shopee

Cara Mengganti Username Akun Shopee

Admin in Aplikasi
  ·   1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *