Samsung Galaxy A54: Smartphone 5G dengan Desain dan Performa Awesome

  • archer
  • Feb 14, 2024
Samsung Galaxy A54: Smartphone 5G dengan Desain dan Performa Awesome

Samsung Galaxy A54: Smartphone 5G dengan Desain dan Performa Awesome

Samsung Galaxy A54 adalah salah satu smartphone terbaru dari Samsung yang diluncurkan pada Maret 2023. Smartphone ini merupakan bagian dari seri Galaxy A yang menawarkan fitur-fitur menarik dengan harga yang terjangkau. Samsung Galaxy A54 hadir dengan desain yang cantik, layar yang terang, kamera yang canggih, performa yang kencang, dan dukungan jaringan 5G.

Spesifikasi singkat dari Samsung Galaxy A54 adalah sebagai berikut:

  • Layar: Super AMOLED, 6.4 inci, 1080 x 2340 piksel, 120Hz, HDR10+, Gorilla Glass 5
  • Chipset: Exynos 1380 (5 nm)
  • RAM: 6/8 GB
  • Penyimpanan: 128/256 GB, microSDXC
  • Kamera belakang: 50 MP (wide), 12 MP (ultrawide), 5 MP (macro)
  • Kamera depan: 32 MP (wide)
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh, pengisian daya cepat 25W
  • OS: Android 13, One UI 5.1
  • Fitur lain: IP67, fingerprint (under display), NFC, stereo speaker
  • Harga: Rp. 5.999.000 (128/6 GB), Rp. 6.499.000 (256/8 GB)

Sejarah dan Latar Belakang Samsung Galaxy A54

Samsung Galaxy A54 merupakan salah satu anggota dari seri Galaxy A yang merupakan lini smartphone mid-range dari Samsung. Seri Galaxy A pertama kali diperkenalkan pada tahun 2015 sebagai penerus dari seri Galaxy Alpha yang berfokus pada desain premium. Sejak itu, seri Galaxy A terus berkembang dan menawarkan berbagai macam pilihan smartphone dengan fitur-fitur menarik dan harga yang bervariasi.

Samsung Galaxy A54 sendiri merupakan suksesor dari Samsung A53 yang diluncurkan pada Maret 2022. Sebagai penerus, ponsel ini datang dengan sejumlah pembaruan, salah satu yang paling menonjol adalah desainnya. Samsung Galaxy A54 memiliki desain yang lebih simpel dan elegan dengan glass finish yang premium dan layout kamera yang rapi. Ponsel ini juga memiliki pilihan warna yang ceria, seperti lime, violet, graphite, dan white.

Selain desain, Samsung Galaxy A54 juga mengalami peningkatan di sektor layar, kamera, performa, dan baterai. Ponsel ini memiliki layar Super AMOLED dengan refresh rate 120Hz dan HDR10+, kamera belakang dengan sensor utama 50 MP dan OIS, chipset Exynos 1380 yang mendukung jaringan 5G, dan baterai berkapasitas 5000 mAh dengan pengisian daya cepat 25W. Ponsel ini juga memiliki fitur IP67 yang membuatnya tahan air dan debu.

Desain dan Build Quality

Samsung Galaxy A54 memiliki desain yang cantik dan estetika dengan glass finish yang premium di bagian depan dan belakangnya. Ponsel ini memiliki dimensi 158.2 x 76.7 x 8.2 mm dan berat 202 gram, sehingga terasa nyaman di genggaman tangan. Ponsel ini juga memiliki bezel yang tipis di sekeliling layarnya dengan lubang kamera depan berbentuk bulat di bagian atas tengah.

Ponsel ini dibuat dari bahan glass di bagian depan dan belakangnya serta plastic di bagian framenya. Bahan-bahan ini memberikan kesan mewah dan kokoh pada ponsel ini. Ponsel ini juga memiliki fitur IP67 yang membuatnya tahan air dan debu hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit. Namun, fitur ini tidak disarankan untuk digunakan di pantai atau kolam renang.

Ponsel ini memiliki pilihan warna yang ceria dan menarik, yaitu lime, violet, graphite, dan white. Warna-warna ini memberikan kesan segar dan dinamis pada ponsel ini. Anda bisa memilih warna yang sesuai dengan selera dan kepribadian Anda.

Layar dan Visual

Samsung Galaxy A54 memiliki layar Super AMOLED berukuran 6.4 inci dengan resolusi 1080 x 2340 piksel dan rasio aspek 19.5:9. Layar ini memiliki kerapatan piksel sebesar 403 ppi, sehingga mampu menghasilkan tampilan yang tajam dan jernih. Layar ini juga memiliki refresh rate 120Hz yang membuatnya terasa lebih responsif dan mulus saat digunakan.

Layar ini juga mendukung teknologi HDR10+ yang membuatnya mampu menampilkan warna-warna yang lebih kaya dan kontras yang lebih tinggi. Layar ini juga memiliki tingkat kecerahan maksimal sebesar 1000 nits, sehingga mampu menampilkan tampilan yang terang dan jelas meski di bawah sinar matahari langsung. Layar ini juga dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5 yang membuatnya lebih tahan goresan dan benturan.

Performa dan Hardware

Samsung Galaxy A54 ditenagai oleh chipset bikinan Samsung, Exynos 1380, yang dirancang dengan arsitektur 5nm. Chipset ini memiliki CPU octa-core yang terdiri dari empat inti Cortex-A78 berkecepatan 2.4 GHz dan empat inti Cortex-A55 berkecepatan 2.0 GHz. Chipset ini juga memiliki GPU Mali-G68 MP5 yang mampu menghandle grafis dengan baik.

Performa chipset ini diklaim mengalami peningkatan CPU 20 persen dan GPU 26 persen dari Exynos 1280 yang diandalkan pendahulunya. Chipset ini juga mendukung jaringan 5G yang membuatnya mampu mengakses internet dengan kecepatan tinggi dan latensi rendah. Chipset ini juga hemat daya berkat proses fabrikasi 5nm yang membuatnya lebih efisien.

Ponsel ini memiliki varian RAM dan penyimpanan yang berbeda-beda, yaitu 6/8 GB untuk RAM dan 128/256 GB untuk penyimpanan. RAM dan penyimpanan ini cukup untuk menjalankan berbagai aplikasi dan game dengan lancar dan menyimpan banyak file dan data. Ponsel ini juga memiliki slot microSDXC yang bisa digunakan untuk menambah kapasitas penyimpanan jika diperlukan.

Baterai dan Pengisian Daya

Samsung Galaxy A54 memiliki baterai Li-Po berkapasitas 5000 mAh yang bisa bertahan sepanjang hari dengan penggunaan normal. Baterai ini juga mendukung pengisian daya cepat 25W yang bisa mengisi daya ponsel dari nol hingga 50 persen dalam waktu sekitar 30 menit. Ponsel ini menggunakan port USB Type-C 2.0 untuk pengisian daya dan transfer data.

Baterai ini juga memiliki fitur Adaptive Power Saving yang bisa menyesuaikan penggunaan daya sesuai dengan pola penggunaan ponsel. Fitur ini bisa membantu menghemat daya baterai dan memperpanjang masa pakainya. Baterai ini juga memiliki fitur Reverse Charging yang bisa digunakan untuk mengisi daya perangkat lain melalui kabel USB.

Kamera dan Fitur Multimedia

Samsung Galaxy A54 memiliki tiga kamera belakang yang diposisikan secara vertikal di sisi kiri atas ponsel. Konfigurasi dari kamera belakang ini adalah kamera utama 50 MP (f/1.8) dengan PDAF dan OIS, kamera ultra-wide 12 MP (f/2.2) dengan sudut pandang 123 derajat, dan kamera makro 5 MP (f/2.4) untuk foto close-up. Kamera belakang ini juga dilengkapi dengan LED flash, HDR, dan panorama.

Kamera belakang ini mampu menghasilkan foto dan video yang berkualitas tinggi dengan warna yang cerah, detail yang tajam, dan efek bokeh yang indah. Kamera utama memiliki sensor besar 1/1.56 inci dengan piksel besar 1.0 mikron yang bisa menangkap lebih banyak cahaya dan mengurangi noise. Kamera utama juga memiliki OIS yang bisa mengurangi getaran saat merekam video atau foto di kondisi cahaya rendah.

Kamera belakang ini juga bisa merekam video hingga resolusi 4K pada 30 fps atau 1080p pada 30/60 fps. Kamera belakang ini juga mendukung fitur Super Steady Mode yang bisa membuat video lebih stabil saat merekam aksi atau gerakan cepat. Kamera belakang ini juga mendukung fitur Night Mode yang bisa membuat foto lebih terang dan jelas saat di kondisi gelap.

Ponsel ini juga memiliki kamera depan beresolusi 32 MP (f/2.2) dengan sensor besar 1/2.8 inci dan piksel besar 0.8 mikron. Kamera depan ini bisa menghasilkan selfie yang memikat dengan warna yang cerah, detail yang jelas, dan fokus yang tajam. Kamera depan ini juga bisa merekam video hingga resolusi 4K pada 30 fps atau 1080p pada 30/60 fps.

Kamera depan ini juga mendukung fitur Live Focus yang bisa membuat efek bokeh pada latar belakang selfie. Kamera depan ini juga mendukung fitur AR Emoji yang bisa membuat avatar animasi yang mirip dengan wajah pengguna. Kamera depan ini juga mendukung fitur Beauty Mode yang bisa menghaluskan kulit, memperbesar mata, dan mengubah warna rambut.

Software dan Fitur Spesial

Samsung Galaxy A54 menjalankan sistem operasi Android 13 dengan antarmuka One UI 5.1. Sistem operasi ini menawarkan fitur-fitur terbaru dan terbaik dari Android, seperti perizinan aplikasi yang lebih fleksibel, mode gelap yang lebih luas, fitur Nearby Share yang bisa berbagi file dengan mudah, dan lain-lain. Sistem operasi ini juga mendukung pembaruan keamanan dan fitur secara berkala.

Antarmuka One UI 5.1 adalah antarmuka khas dari Samsung yang menawarkan tampilan yang menarik dan mudah digunakan. Antarmuka ini memiliki ikon-ikon yang besar dan warna-warna yang cerah, serta pengaturan yang mudah diakses. Antarmuka ini juga memiliki fitur-fitur spesial dan eksklusif dari Samsung, seperti:

  • Edge Panel: sebuah panel samping yang bisa diakses dengan menggeser jari dari tepi layar. Panel ini bisa menampilkan aplikasi favorit, kontak cepat, alat-alat berguna, dan lain-lain.
  • Bixby: sebuah asisten virtual yang bisa membantu pengguna dengan berbagai perintah suara, seperti membuka aplikasi, mengatur alarm, mengirim pesan, dan lain-lain.
  • Samsung Pay: sebuah layanan pembayaran digital yang bisa digunakan untuk membayar di berbagai tempat dengan menggunakan NFC atau MST.
  • Samsung Knox: sebuah fitur keamanan yang bisa melindungi data dan privasi pengguna dengan enkripsi tingkat militer.
  • Samsung DeX: sebuah fitur produktivitas yang bisa mengubah ponsel menjadi komputer dengan menghubungkannya ke monitor, keyboard, dan mouse.

Harga dan Ketersediaan

Samsung Galaxy A54 diluncurkan pada Maret 2023 dengan harga rilis sebesar Rp. 5.999.000 untuk varian 128/6 GB dan Rp. 6.499.000 untuk varian 256/8 GB. Harga ini cukup terjangkau untuk smartphone dengan spesifikasi dan fitur yang ditawarkan. Harga ini juga bersaing dengan smartphone lain dalam kelasnya.

Samsung Galaxy A54 tersedia di berbagai toko online dan offline di Indonesia. Anda bisa membeli ponsel ini melalui situs web resmi Samsung, toko online seperti Lazada, Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, JD.ID, dan lain-lain, atau toko offline seperti Erafone, Global Teleshop, Oke Shop, dan lain-lain. Anda juga bisa mendapatkan penawaran khusus atau diskon dari beberapa toko tertentu.

Ulasan dan Tanggapan Pengguna

Samsung Galaxy A54 mendapatkan ulasan dan tanggapan yang positif dari pengguna dan kritikus. Ponsel ini dipuji karena desainnya yang cantik, layarnya yang terang, kameranya yang canggih, performanya yang kencang, baterainya yang tahan lama, dan dukungannya terhadap jaringan 5G. Ponsel ini juga dipuji karena fitur-fitur spesial dan eksklusifnya dari Samsung.

Namun, ponsel ini juga mendapatkan beberapa kritik dan kekurangan dari pengguna dan kritikus. Beberapa kritik dan kekurangan tersebut adalah:

  • Ponsel ini tidak memiliki jack audio 3.5 mm yang membuat pengguna harus menggunakan adaptor atau earphone nirkabel untuk mendengarkan musik atau suara.
  • Ponsel ini tidak memiliki fitur wireless charging yang membuat pengguna harus menggunakan kabel untuk mengisi daya ponsel.
  • Ponsel ini tidak memiliki fitur IP68 yang membuatnya kurang tahan terhadap air dan debu dibandingkan dengan ponsel lain dalam seri atau pesaingnya.

Ponsel ini juga dibandingkan dengan beberapa model lain dalam seri Galaxy A atau pesaingnya dari merek lain. Beberapa perbandingan tersebut adalah:

  • Samsung Galaxy A54 vs Samsung Galaxy A52: Ponsel ini memiliki kelebihan di sektor kamera, performa, dan baterai, namun kalah di sektor desain, layar, dan fitur IP68.
  • Samsung Galaxy A54 vs Samsung Galaxy A72: Ponsel ini memiliki kelebihan di sektor performa dan harga, namun kalah di sektor kamera, layar, baterai, dan fitur IP68.
  • Samsung Galaxy A54 vs Xiaomi Mi 11 Lite 5G: Ponsel ini memiliki kelebihan di sektor kamera, baterai, dan fitur spesial, namun kalah di sektor desain, layar, dan performa.

Kesimpulan

Samsung Galaxy A54 adalah smartphone terbaru dari Samsung yang menawarkan desain yang cantik, layar yang terang, kamera yang canggih, performa yang kencang, baterai yang tahan lama, dan dukungan jaringan 5G. Ponsel ini juga menawarkan fitur-fitur spesial dan eksklusif dari Samsung yang bisa meningkatkan pengalaman pengguna. Ponsel ini memiliki harga yang terjangkau dan bersaing dengan smartphone lain dalam kelasnya.

Kelebihan dari Samsung Galaxy A54 adalah:

  • Desain yang cantik dan estetika dengan glass finish yang premium dan layout kamera yang rapi.
  • Layar Super AMOLED dengan refresh rate 120Hz dan HDR10+ yang membuat tampilan lebih responsif dan kontras.
  • Kamera belakang dengan sensor utama 50 MP dan OIS yang bisa menghasilkan foto dan video yang berkualitas tinggi.
  • Chipset Exynos 1380 yang mendukung jaringan 5G yang membuat internet lebih cepat dan stabil.
  • Baterai berkapasitas 5000 mAh dengan pengisian daya cepat 25W yang bisa bertahan sepanjang hari.
  • Fitur-fitur spesial dan eksklusif dari Samsung seperti Edge Panel, Bixby, Samsung Pay, Samsung Knox, dan Samsung DeX.

Kekurangan dari Samsung Galaxy A54 adalah:

  • Tidak memiliki jack audio 3.5 mm yang membuat pengguna harus menggunakan adaptor atau earphone nirkabel.
  • Tidak memiliki fitur wireless charging yang membuat pengguna harus menggunakan kabel untuk mengisi daya ponsel.
  • Tidak memiliki fitur IP68 yang membuatnya kurang tahan terhadap air dan debu dibandingkan dengan ponsel lain dalam seri atau pesaingnya.

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang Samsung Galaxy A54: Smartphone 5G dengan Desain dan Performa Awesome. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengetahui lebih banyak tentang ponsel ini atau tertarik untuk membelinya. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran tentang artikel ini, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.