Umum

Mengenal Apa Itu Investasi dan Jenis-Jenis Investasi

Tiarway.com – Mengenal Apa Itu Investasi dan Jenis-Jenis Investasi. Seiring berkembang nya zaman kata investasi semakin lumrah kita dengar. Beberapa dari kita...

Written by Yudha Prayoga · 2 min read >
Mengenal Apa Itu Investasi dan Jenis-Jenis Investasi

Tiarway.com – Mengenal Apa Itu Investasi dan Jenis-Jenis Investasi. Seiring berkembang nya zaman kata investasi semakin lumrah kita dengar. Beberapa dari kita pun menjadi tertarik untuk menginvestasikan uang kita. Namun, sebelum itu kita wajib mengetahui apa itu investasi dan instrumen investasi apa saja yang dapat kita manfaatkan.

Pengertian Investasi

Mengenal Apa Itu Investasi dan Jenis-Jenis Investasi
Mengenal Apa Itu saham modal dan Jenis-Jenis Investasi

Investasikan merupakan proses penanaman modal pada suatu usaha atau perusahaan. Yang mana melalui modal tersebut pemilik modal berharap mendapatkan keuntungan. Sederhananya kita menempatkan sejumlah uang, waktu, ataupun jasa kita pada sebuah perusahaan untuk mendapatkan keuntungan pada masa yang akan datang.

Saat ini khususnya Indonesia minat untuk melakukan penanaman modal meningkat. Penyebabnya adalah kemudahan yang kita dapatkan ketika ingin melakukan investasi. Selain itu, sudah banyak jenis investasi populer yang bisa kita gunakan untuk menanamkan modal kita.

Jenis-jenis investasi

Secara umum investasi bisa kita bedakan menjadi dua bentuk yaitu penanaman jangka panjang dan juga  jangka pendek. Ada beberapa contoh investasi yang dapat kamu pelajari.Beberapa instrumen investasi ini sudah cukup banyak peminatnya khususnya di Indonesia. 

Deposito

Penamaman Modal Deposito
Penamaman Modal Deposito

Kita pasti sudah sangat sering mendengar istilah deposito dalam istilah perbankan. Karena memang deposito sendiri berwujud dalam bentuk tabungan. Namun, ada perbedaan yang signifikan antara tabungan biasa dengan deposito, antara lain besar bunga dan juga waktu jatuh tempo.

Suku bunga yang akan kamu peroleh dari deposito jauh lebih besar dari tabungan biasa, biasanya bunga yang kamu peroleh melalui deposito berkisar dari 5% hingga 6%. Maka semakin besar uang yang kamu depositokan maka bunga yang kamu peroleh semakin tinggi.

Berbeda dengan tabungan deposito memiliki masa jatuh tempo. Biasanya jatuh tempo berkisar dalam waktu tahunan. Waktu jatuh tempo deposito sendiri dapat kamu tentukan sendiri saat proses pendaftaran. Jadi, selama deposito belum masuk dalam waktu jatuh tempo, kamu tidak dapat mengambil uang tersebut.

Emas

penanaman modal emas
penanaman modal emas

Jika kamu menginginkan investasi dalam bentuk fisik, emas dapat menjadi alternatif yang kamu pilih. Pasalnya, menginvestasikan uang ke dalam bentuk emas memiliki resiko yang rendah, karena harga emas yang cukup stabil tiap tahunnya.

Berbeda dari emas dan properti, penanaman dalam bentuk saham ini memiliki bentuk resiko yang cukup tinggi. Namun, penanaman ini memiliki potensi yang besar dalam segi keuntungan. Tergantung dari keuntungan dari perusahaan yang sahamnya kamu beli tiap tahunnya.

Properti

Properti
Properti

Menanamkan uang yang kita miliki ke dalam bentuk properti memiliki kesamaan dengan emas. Karena penanamanini juga berbentuk fisik layaknya emas. Selain itu, penanaman properti juga memiliki resiko yang rendah, Karena properti sendiri memiliki resiko yang relatif rendah dan memiliki nilai yang akan terus naik tiap tahunnya.

Reksa Dana

reksadana
reksadana

Merupakan jenis penanaman yang mana semua dana yang berasal dari investor dikumpulkan menjadi satu, selanjutnya dana tersebut digunakan untuk berinvestasi ke instrumen penanaman yang ada pada pasar modal. Ada beberapa macam dari reksa dana yaitu seperti :

  • Pasar Uang
  • Pendapatan Tetap
  • Saham
  • Campuran
  • Index

Setiap bentuk reksa dana tersebut memiliki tingkat resiko yang berbeda. Kamu bisa mempelajari setiap jenis reksa dana yang ada untuk menentukan yang paling cocok untuk kamu manfaatkan.

Semua jenis penanaman modal yang sudah kami sebutkan memiliki tingkat resiko dan potensi keuntungan  yang berbeda-beda. Jika kamu merupakan seorang pemula kamu dapat memulai dengan penanaman yang memiliki resiko rendah seperti deposito ataupun emas.Tentunya sebelumnya kamu harus benar-benar memahami tentang apa itu investasi terlebih dahulu.

Baca Juga :   Cara Melihat Kunci Jawaban Google Form Dengan Mudah
Written by Yudha Prayoga
Content Writer, Content Creator, graphic designer Profile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *