Kenapa File Yang Sudah Dihapus Muncul Kembali di Android Simak Penjelasannya!

Kenapa File Yang Sudah Dihapus Muncul Kembali di Android Simak Penjelasannya!

Mungkin pernah mengalami kejadian dimana file yang sudah dihapus sebelumnya tetap ada. Tanpa tahu penyebab kenapa file yang sudah dihapus muncul kembali di Android. Padahal hal demikian sudah tentu akan membuat memori penyimpanan penuh. Apalagi digunakan untuk menyimpannya cukup besar.

Jika pengguna ponsel sedang mengalaminya dan ingin mengetahui cara menghapusnya secara  permanen, maka dapat menyimak uraian berikut. Pasalnya, ruang penyimpanan yang tersedia hanya sedikit akan sangat mempengaruhi kinerja ponsel. Oleh karena itu, segala dokumen yang tidak penting harus segera dihapus.

Penyebab Kenapa File Yang Sudah Dihapus Muncul Kembali di Android

Sebetulnya ada banyak faktor yang menyebabkan file yang sudah terhapus kembali lagi. Salah satunya karena perangkat menyinkronkan satu aplikasi penyimpanan awan untuk pencadangan data. Dengan begitu, file yang sudah dihapus akan muncul kembali.

Karena itu, sebaiknya hapus terlebih dulu data yang dicadangkan pada penyimpanan online. Namun, ada pula file yang muncul kembali di kartu memori padahal sudah terhapus.

Alasannya beragam mulai dari kartu memori yang terenkripsi, rusak, atau memang modenya diatur read only. Jika begitu, maka lakukan perubahan pengaturan agar file yang sudah tidak dibutuhkan bisa dihapus.

Akan tetapi, bila file yang tidak bisa dihapus berada pada penyimpanan perangkat, kemungkinan ponsel terdapat virus. Atau hanya karena sinkronisasi saja seperti yang sudah dibahas sebelumnya.

Kenapa File Yang Sudah Dihapus Muncul Kembali di Android Simak Penjelasannya!
Kenapa File Yang Sudah Dihapus Muncul Kembali di Android Simak Penjelasannya!

Cara Menghapus File Yang Muncul Kembali Setelah Dihapus

Jika sudah mengetahui kenapa file yang sudah dihapus muncul kembali di Android, sekarang saatnya masuk ke pembahasan untuk mengatasinya. Bagaimana caranya? Berikut penjelasannya:

Baca Juga :   Aprovecha 1xbet Para Ganar Dinero Con Apuestas

1. Mematikan Mode “Lock” di Kartu Memori

Hal ini sebenarnya jarang sekali terjadi, tetapi tidak menutup kemungkin menjadi salah satu penyebabnya. Untuk memastikan apakah kartu SD yang dimiliki terkunci, coba lepas kartu tersebut dari perangkat.

Biasanya memori card yang terkunci terdapat saklar pada bagian fisiknya. Namun, jika tidak ada kemungkinan masalahnya tidak terletak pada memori yang terkunci.

2. Menghapus File Sampah di Android

File yang sudah dihapus pada sebuah aplikasi umumnya akan tetap tersimpan di file manager baik di perangkat atau aplikasi unduhan. Oleh karena itu, hapus seluruh cache mulai dari aplikasi itu sendiri dan penyimpanan manager. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan:

  • Buka aplikasi pengaturan bawaan ponsel.
  • Pilih menu ‘Aplikasi’.
  • Maka akan muncul semua aplikasi baik yang diunduh atau bawaan.
  • Pilih salah satu aplikasi yang akan dihapus filenya.
  • Kemudian tekan ‘Hapus data atau cache’.
  • Setelah itu, akses file manager.
  • Cari folder aplikasi dan pilih ‘Media’.
  • Lalu, hapus semua data seperti gambar, dokumen, status, dan lain sebagainya.

3. Menonaktifkan Sinkronisasi Penyimpanan Awan

Tanpa disadari ternyata sebuah perangkat secara otomatis tersimpan datanya pada penyimpanan awan. File yang dihapus pada sebuah aplikasi atau galeri ponsel akan tetap ada karena ada cadangannya.

Oleh karena itu, jika ingin menghapus secara permanen sebaiknya hapus langsung di penyimpanan online. Kemudian nonaktifkan sinkronisasi. Setelah itu, hapus di aplikasi atau perangkat. Dijamin tidak akan muncul kembali.

4. Format Menggunakan PC

Setelah mencoba ketiga cara diatas, tetapi belum berhasil menghapus file di kartu SD. Cobalah untuk melakukan format kartu sekaligus memperbaikinya. Namun sebelum itu pastikan sudah menyalin data penting ke penyimpanan lain.

Baca Juga :   Beberapa Bisnis Menjanjikan Setelah Pandemi

5. Ubah Format

Sebuah dokumen word meski hanya disimpan pada memori eksternal terkadang tidak bisa dihapus karena memang mempunyai akses. Penyebabnya bisa karena menggunakan perangkat berbeda atau pengaturannya hanya untuk dibaca. Supaya bisa terhapus, maka harus menghapus melalui perangkat semula.

Itulah beberapa penyebab kenapa file yang sudah dihapus muncul kembali di Android. Pilih salah satu cara di atas untuk mengatasinya. Namun kebanyakan hal tersebut dikarenakan pencadangan data perangkat ke Cloud. Fungsinya memang untuk menjaga file supaya tidak hilang.

 

Rate this post
Yudha Prayoga

Content Writer, Content Creator, graphic designer

Artikel Terkait

Leave a Comment